Pages

Rabu, 24 Agustus 2011

Pengalamanku Selama Mengikuti Jambore 3rd Asean Dan Jamboree 100


                Hari itu tibalah waktunya,mengawali jejak langkahku pergi ke Negara dengan kemajuan ekonomi terpesat di dunia itu.Hatiku berdebar kencang dag dig dug keras sekali.Tak sabar rasanya ingin segera sampai di sana.
                Namun sebelum keberangkatanku kesana,sebelum tiba hari keberangkatannya.Aku harus memenuhi beberapa persyaratan untuk mengikuti jambore tersebut.Dan aku sangat senang karena aku bisa memenuhi kriterianya sehingga aku bisa mengikuti jambore itu.
Setelah semua persyaratan dapat aku penuhi.Kini gilaran aku untuk memantapkan diri untuk mengawali langkahku kesana.aku mengikuti  beberapa latihan bersama teman-teman ku yang pergi bersamaku untuk mengikuti jambore tersebut.Inilah teman-teman ku :
1.       Imam Yoga P ( SMK N 2 Klaten )
2.       Muh father R ( SMK N 1 Karanganom )
3.       Hafid Ludfiana S ( SMP N 1 Klaten )
4.       Adhiarta Banjaran S ( SMP N 2 Klaten )
5.       Dian Amru Fathu Izza ( SMP N 2 Klaten )
6.       Arindha Nityasari ( SMP N 2 Klaten )
7.       Ratri Atha Al-Husna ( SMP N 2 Klaten )
8.       Rizta (SMP N 2 Klaten )
Aku dan mereka latihan dibimbing oleh kakak-kakak Pembina dari kwarcab.Selama latihan itu kita mulai saling mengenal dan akrab satu sama lain.Hal itu sangat bagus karena kita adalah satu team dari Klaten.Di mana suatu team tersebut harus kompak.Dan awal dari suatu kekompakan ialah mulai dari kita saling mengenal atau saling berkomunikasi.
Kita rutin selama 1 minggu sekali harus ada 2 atau 3 kali pertemuan.Saat pertemuan atau latihan itu kita banyak berlatih dalam kegiatan kepramukaan.Seperti mendirikan tenda,semaphore,dll.Kita termasuk cepat dalam latihan itu karena sebagian besar dari kami sudah menguasai teknik-tekniknya.Kini tinggal mempersiapkan kebudayaan yang akan di tampilkan disana nanti.Karena masing-masing kontingen wajib mempersembahkan kebudayaan daerahnya masing-masing.Dan dari kami kontingen dari Klaten.Kami sepakat untuk menampilkan tari jaranan.Namun untuk berjaga-jaga,kami juga menampilkan poco-poco.
Setelah itu semua kami rasa sudah cukup.Kini tinggal mempersiapkan perlengkapan yang perlu di bawa.Banyak perlengkapan yang perlu di bawa,antara lain : perlengkapan kepramukaan,perlengkapan pribadi dan perlengkapan-perlengkapan yang lain-lainnya.
Selain latihan-latihan dan persiapan perlengkapan,waktu itu juga kami sempat di beri pengarahan oleh utusan dari Kwarda Semarang.Pengarahan tersebut berisi tentang keberangkatan,kegiatan disana,apa-apa yang perlu disiapkan,kepulangan dan masih banyak lagi.
Akhirnya semua persiapan yang kami lakukan selesai sudah.Tinggal menunggu hari keberangkatannya saja.
Tanggal  4 Desember 2010 tepatnya kami berangakat ke Singapura.Namun sebelum itu masih banyak lagi kegiatan yang kami ikuti.Mulai dari pelepasan oleh Wakil Bupati Klaten tanggal 30 Desember 2010 dan latihan bersama seluruh kontingen Indonesia di cibubur pada tanggal 3 Desember 2010.
Pelepasan oleh Wakil Bupati Klaten sudah kami lalui.Dan hari ini,tepat tanggal 2 Desember 2010 kami berangkat dari Klaten menuju Kwarda Semarang untuk bertemu dengan seluruh teman-teman se-kontingen jawa tengah sekaligus pelepasan oleh Ka Kwarda.Jumlah seluruh peserta dari JawaTengah adalah 27 orang.17 dari Semarang,9 dari Klaten,1 dari Rembang.Haru mengiri kepergian ku dari kota tercinta ini.
Tak berlama-lama setelah pelepasan oleh Ka Kwarda,kami langsung berangkat ke cibubur untuk mengikuti latihan bersama se-kontingen Indonesia di Buper.Perjalanan kami tempuh dengan hati yang senang.Walaupun rasa lelah mendera kami.
Kurang lebih pukul 4 pagi kami tiba di Buper,Cibubur.Setelah itu kami langsung mengambil barang-barang kami karena kami akan menginap disitu selama satu malam.
Selama satu hari satu malam itu,kita mendapat berbagai pembekalan dari Ka Kwarnas maupun dari biro perjalanan yang mengurusi kami.Selain itu saya bersama teman kontingen jawa tengah lainya juga mendapat banyak teman baru disana.
Saatnya pembagian regu.Saya satu regu dengan teman sekontingen dari Klaten yang laki-laki dan juga 2 teman dari Semarang.Saya berada di Troop Garuda 1,patrol 2.Setelah semua kegiatan di Cibubur selesai,kini saatnya kita untuk beristirahat mempersiapkan diri dan stamina karena besok pagi pukul 3 kita sudah meninggalkan cibubur untuk pergi ke Bandara International Soekarno-Hatta.
Saatnya tiba,walau hari masih gelap kami sudah berangkat ke bandara.Saat perjalanan saya dan teman-teman lainya nampak terlelap.Mungkin karena kondisi badan kita yang sudah didera rasa lelah.
Dan akhirnya kita tiba di Bandara International Soekarno-Hatta.Barang-barang kita turunkan semua dari bus.Sebelum berangkat kita sarapan sambil pembekalan dari Ka Kwarnas lagi.Dan akhirnya pada pukul 06.15 kita semua meninggalkan tanah air tercinta ini menuju ke Changi Airport di Singapura.Perjalanan kita tempuh dengan pesawat kurang lebih 1 jam 20 menit.Dalam perjalanan Alhamdulillah berjalan lancar walau ada sedikit masalah karena cuaca buruk.Namun kita sampai di Singapura dengan keadaan yang sehat.
Wow kesan pertama ku tiba di Singapura aku merasa sangat senang karena saya dan kawan-kawan di sambut oleh kontingen dari Singapura.
Setelah selesai mengurusi semua urusan di bandara,kita langsung menuju ke Sarimbun Camp tempat di mana saya dan teman-teman mengikuti Jambore.Selama perjalanan saya menengok ke kanan dan ke kiri.Saya sangat kagum karena keadaanya luar biasa.Semua tertata dengan rapi,mulai bangunan,pepohonan,dll.Selain itu Singapura sangat bersih,tidak ada sampah berceceran.Indah sekali,enak dipandang mata.
Sesampainya di Sarimbun,kita langsung menurunkan barang-barang kita dan langsung memilih area di mana tenda kita berdiri.Saya dan kawan-kawan Troop Garuda 1 dan 2 berada di West Camp/Red Camp.Di sana dibagi menjadi 4 wilayah perkemahan,yaitu East Camp,South Camp,West Camp dan North Camp.
Inilah jadwal kegiatan selama ada di perkemahan :
04 Desember 2010 :                 7am-9am            : Arrival and Registration
9am-12pm          : Camp development
12pm-1pm          : Lunch
1pm-5pm            : Camp development
5pm-7pm            : Fellowship Dinner
7pm-10pm          : Woodbagde Reunion/Pasar Malam
10pm-6am          : Rest
05 Desember 2010 :                 7am-8am            : Breakfast
                                                8am-11am          : Open House / Day Adventurer
                                                11am-1pm          : Opening Ceremony
                                                1pm-2pm            : Lunch
                                                2pm-6pm            : Open House / Day Adventurer / 1st Programme slot
                                                6pm-7pm            : Fellowship Dinner
                                                7pm-10pm          : Subcamp Campfire
                                                10pm-6am          : Rest
06 Desember 2010 :                 7am-8am            : Breakfast
                                                8am-12pm          : 2nd Programme Slot
                                                12pm-1pm          : Lunch
                                                1pm-5pm            : 3rd Programme Slot
                                                5pm-7pm            : Fellowship Dinner
                                                7pm-10pm          : Pasar Malam
                                                10pm-6am          : Rest
07 Desember 2010 :                 7am-8am            : Breakfast
                                                8am-12pm          : 4th Programme Slot
                                                12pm-1pm          : Lunch
                                                1pm-5pm            : 5th Programme Slot
                                                5pm-7pm            : Fellowship Dinner
                                                7pm-10pm          : International Night
                                                10pm-6am          : Rest
08 Desember 2010 :                 7am-8am            : Breakfast
                                                8am-12pm          : 6th Programme Slot
                                                12pm-1pm          : Lunch
                                                1pm-5pm            : 7th Programme Slot
                                                5pm-7pm            : Fellowship Dinner
                                                7pm-10pm          : Closing Ceremony
                                                10pm-6am          : Rest
09 Desember 2010 :                 7am-8am            : Breakfast
                                                 8am-1pm           : Departure
                                                 1pm-7pm           : Camp Clearance
                                                 7pm-6am           : Free and Easy
10 Desember 2010 :                  7am-8am           : Camp Dismanting
                                                 8am-11am         : Staff Check Out
                                                 11am-1pm         : Departure

 Saat mengikuti kegiatan tersebut saya amat sangat senang,apalagi saat opening dan closing ceremony.Karena saat itu saya dapat melihat orang-orang penting yang membuat terselenggaranya acara tersebut.Seperti :   
S R Nathan                                                                  :President Republic of Singapore
                                                                                    Chief Scout,Singapore Scout Association
Mr Noel Hon Chia Chun JP,BBM(L),BBM                  :President of Singapore Scout Association
Mr Tan Cheng Kiong                                                    :Chief Commissioner  cum Camp Chief
                                                                                     Singapore Scout Association
Mr Jejomar C.Binay                                                      :Chairman
                                                                                     APR Regional Scout Committee
Prof. Dr. H. Azrul Anwar, MD, MPH                           :Chairman
                                                                     ASEAN Scout Association for Regional CO-operation
Mr  Abdullah Rasheed                                                  :Regional Director
                                                                          World Scout Bureau – Asia Pacific Regional Office

                Selain itu banyak lagi kesan-kesan yang tidak terlupakan selama mengikuti kegiatan disana.Seperti saat api unggun atau subcamp campfire,saat itu kita seluruh penghuni west camp membentuk lingkaran dan ditengah-tengahnya ada api unggun.Saat itu rasa kekeluargaan rasa saling memiliki kita antar Negara sangat terasa.Tidak ada rasa ingin membeda-bedakan satu sama lain.Kita bernyanyi menari bersama-sama.Dan saat itu saat perwakilan untuk maju mewakili negaranya,kita Negara Indonesia diwakili oleh Troop Garuda 2 patrol 2 dari Gontor,Ponorogo.Mereka bernyanyi menari sambil menyanyikan lagu yel-yel Indonesia.Seperti ini
Hello my friend
How are you today
I hope to you
Fun like everyday
Sometimes you must know
Spirit of scouting
And now you say
Scout is jolly game
Ai ai ai ai di pramuka ( 4x)
Di pramuka (4x)
We are from Indonesia
Na na na na na na na
As we know as we know o o o o
We are from Indonesia

Keren banget deh Indonesia saat itu.Dan Negara-negara lainya juga gak kalah keren.
                Selain itu pengalaman yang tidak aku lupakan adalah saat aku mengikuti kegiatan-kegiatan disana saat permainan.Banyak permainan yang saya ikuti.Seperti Traditional Scouting – Sands Scout,Sports – Wet and Dry,ASEAN culture and science – Kampong Temasek,Outdoor Adventure – Akela Adventure,Global Development Village.Dalam paket-paket kegiatan tersebut ada banyak sekali macam permainan.
                Tapi saya hanya mengikuti beberapa permainan saja,seperti saat mini soccer.saya main bersama anak-anak dari Negara lain-lain seperti Singapore,Malaysia,Brunai Darussalam,Maladewa,Australia dan lain-lain nya.Saya berhasil mencetak 3 gol saat itu.Saya bergabung bersama tim dari Singapore.Teman-teman di sana bilang main saya bagus dan saya sangat senang mendapat pujian seperti itu.dari permainan itu saya mengenal banyak teman yang main bola nya juga bagus seperti hamzah dari Singapore,halim,hakim,ray,farhan dari Malaysia dan masih bnyak lagi teman yang nama nya saya lupa.
                Selain mini soccer saya juga mengikuti wushu,campcook,disability chalange,k jurong bird park,menggambar dengan tema lingkungan,mebuat layangan,bermain angklung,bermain permainan tradisional dari Negara lain,bersepeda,kayak dan masih banyak kegiatan lain yang saya ikuti.
                Di setiap ikut satu kegiatan pasti akan mendapat satu cap dan maksimal 9.saya berhasil memenuhi cap itu dan selanjutnya bisa di tukarkan berupa sertifikat dari sana.
                Saya sangat betah berada di sana,rasanya tidak ingin pulang.Satu yang saya kangenin disana adalah makanan khas Indonesia nasi karena di sana setiap mkan selalu masakan chines.saya makan nasi di sana hanya sekitar 2-3 kali saja.tapi rasa rindu saya sudah terobati saat Indonesian day pada tanggal 7 desember 2010 lalu.hari itu kita seluruh kontingen Indonesia berkumpul untuk menampilkan kebudayaan dari daerah kita masing-masing dan harus memakai pakaian daerah kita masing-masing,bnyak kebudayaan yang kita tampilkan disana dan banyak juga dari Negara lain yang melihat.saat itu aku bangga sekali jadi anak Indonesia.
                Dari tari saman,tari dari jambi,dayak,jawa tengah,timur,barat dan semua nya termasuk alat musik juga di mainkan disana.kebudayaan dari sabang sampai merauke ada semua saat itu.setelah semua itu usai kami bersenang-senang bersama.bernyanyi menari semuanya.dan saat kami menari poco-poco ternyata banyak dari Negara lain yang suka dan mulai mengikutinya.senang sekali aku saat itu.
                Dan malam harinya pada saat International Night keluar Senjata Pamungkas kita yaitu Reog Ponorogo.Banyak orang-orang luar negri yang ska akan tari an itu.mereka bersorak-sorak menambah keramaian malam itu.
                Tapi sayang kebudayaan reog yang kita tampilkan saat international night klah dengan Thailand.Tapi tak apalah kita menerima dengan lapang dada.
                Setelah International Night selesai kita menari bersama sambil diiringi lagu-lagu ngetop dunia dengan DJ yang keren dan lampu-lampu gemerlap saat itu.kita semua basah-basahan karena kita disiram dengan busa yang amat banyak.tapi itu malah semakin menambah riang malam itu.tapi tak terasa malam itu begitu cepat berlalu dan kini tiba waktunya untuk tidur.
                Tak terasa waktu begitu cepat berlalu,kini sudah tiba closing ceremony.Tak terasa bsok sdah harus meninggalkan perkemahan.Suasana haru mengiringi perpisahanku bersama teman-teman dari Negara lain.
                Sebagai kenang-kenangan kita saling menukar badge atau kenang-kenangan lainya yg dapat mengingatkan kembali kita pada teman-teman itu.Selain itu kita juga mencatatkan data pribadi kita ke mereka.
                “ Bye “ ku ucapkan pada teman dekat ku di sana
                Hamzah,Nouval,Sofinna,Deby dari Singapura
                Halim,Hakim,Ray,Farhan dari Malaysia
                Aku berharap suatu saat nanti kita bisa bertemu lagi
Malam terakhir aku lalui disana.Dan kini tanggal 9 desember 2010 kami seluruh kontingen Indonesia meninggalkan Sarimbun untuk Check In di hotel untuk berpariwisata mengelilingi Singapura nanti.
                2 hari aku bersama seluruh kontingen Indonesia mengelilingi Singapura.Kita pergi ke Jurong Bird Park,Marlion,Marina bay,Sentosa Island,China town,Bugis,Universal Studio.Wah senang sekali aku 2 hari itu.wisata sambil berbelanja.
                Dan akhirnya tiba waktunya aku pulang ke Indonesia.Sedih rasa nya meninggalkan Negara ini.Tapi apa mau dikata aku harus pulang
                Bye Singapore
Kurang lebih pukul 8 malam ak tiba di Ibu pertiwi.Rasa lelah mendera sekujur tubuhku.Tak menunggu lama-lama kami pulang ke daerah masing-masing.Perpisahan kmbali terjadi disana.ak harus berpisah dengan kakak-kakak kwarnas teman-teman.ak pasti rindu kalian
Dan tepat pukul setengah 2 siang tanggal 11 Desember 2010 aku menginjakan kaki ku kembali ke rumah lagi.





Itulah sebagian pengalaman ku selama mengikuti jambore ke 3 ASEAN sekaligus Jambore dalam rangka memperingati 100 tahun of Scouting 1910-2010
Kesan-kesan yang tak terlupakan adalah saat aku bermain bersama teman-teman ku disana.Dengan Hamzah dan Sofinna hannah sahabat terbaiku,dengan Nouval orang Singapura tapi juga orang Jogja,saat bermain bola,saat Indonesian day,international night,saat masak bersama,basah-basahan,teman-teman yang seru,banyak teman,saat api unggun,berwisata,saat teman-teman ku memberi kan kejutan ulang tahunku yg k14,menentukan waktu sholat susah karena tidak ada adzan dan waktunya maju satu jam dengan Indonesia,jam 7 pgi disana masih gelap dan 7 mlam msih terang,denda-denda yang bnyak diberlakukan di Negara itu, dan masih banyak hal lagi yang tak akan pernah aku lupakan selama di Singapura.
Semua ini tak lepas dari Izin Tuhan YME,Bapak Kepala Sekolah,dan Kedua orang tua saya.
Maka dari itu saya ingin mengucapkan banyak terimakasih yang pertama kepada Tuhan YME,kepada Bapak H. Sawiji S.Pd MM,yang waktu itu saat saya bermain ke solo,tiba-tiba di telfon suruh ke sekolah untuk menemui bu dar dan pak jumain untuk memberi  tahu saya tentang ini.terima kasih kepada sekolah yang telah memberi kepercayaan kepada saya untuk mengikuti kegiatan ini. Selanjutnya saya ingin berterimakasih kepada orang tua saya yang telah member izin.terima kasih semua nya bapak ibu guru serta teman-teman semua.





MUHAMMAD HANIF ARIFIN
SINGAPORE IS FINE CITY

1 komentar:

pramukaklaten mengatakan...

siiiiiip, minta ijin saya link di http://pramukaklaten.or.id/index.php/event-aktivitas/internasional/68-kwarcab-klaten-kirim-peserta-9jamb-3rd-asean-jambore-singapura

Posting Komentar

 

Blogger templates

Blogroll

About